Ganti Nasi Putih Anda Dengan Nasi Beras Merah

by
nasi beras merah
via liputan6

Tahukah Anda bahwa beras merah ada beberapa macam. Perbedaan ini hanya diakibatkan perbedaan penanganan pascapanen, yakni ketika proses penggilingan (slip). Makin banyak proses penggilingan gabah beras merah, dengan maksud mendapatkan nasi beras merah yang lebih bersih dan tampak cantik, semakin banyak kulit ari (aleuron) yang hilang. Bersamaan dengan banyaknya kulit ari beras merah yang hilang, rontok pula sebagian besar gizi yang terdapat di permukaan beras, khususnya serat, vitamin B, glukosa, lemak sehat, serta jumlah enzim.

Menggiling gabah beras merah satu kali menghasilkan beras merah yang masih kaya nutrisi. Namun kerap kali beras merah yang dihasilkan masih bercampur dengan butiran gabah dan rasa beras merah menjadi kasar setelah ditanak. Walaupun demikian, beras merah jenis ini kualitas gizinya paling unggul. Orang baru mau mencoba makan nasi beras merah biasanya kurang menyukainya, karena tekstur nasinya kasar dan cenderung keras. Sebaliknya, bagi penyuka beras merah, nasi beras merah jenis ini adalah paling afdol. Selain gizinya prima, rasanya lebih manis dan aromanya harum khas beras merah.

Beras merah yang kulit arinya sudah banyak hilang, warnanya merah hati berseling dengan warna putih. Beras merah jenis ini setelah ditanak, teksturnya lebih empuk dan lembut. Cocok untuk pemula yang baru mulai mencoba beralih menyantap nasi beras merah. Jika tidak mendapatkan beras merah jenis ini, pemula bisa mencampurkan beras putih kedalam beras merah berkulit ari utuh, sehingga tekstur nasi menjadi lebih lembut.

Beras merah umumnya ditanak dengan cara direndam lebih dulu, agar tekstur nasi lebih empuk. Jika mau praktis, beras merah bisa langsung dimasak dalam penanak nasi listrik (rice cooker) tanpa perlu direndam terlebih dahulu. Tapi yang perlu diperhatikan adalah penambahan air diperbanyak menjadi dua kali lipat dibanding air yang biasa ditambahkan jika menanak nasi beras putih. Namun untuk beras merah dengan kulit ari yang sudah banyak hilang , airnya sebaiknya dikurangi, agar nas tidak lembek.

Karena masih banyak mengandung kulit ari, beras merah sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup rapat. Beras merah sangat mudah tengik jika tidak disimpan dengan baik, karena lapisan lemak sehatnya mudah bereaksi dengan udarayang membuat beras merah mudah diserang kutu. Karena itu, lebih baik membeli beras merah secukupnya saja tanpa perlu menimbunnya terlalu banyak dirumah.

Nasi Beras Merah Baik Bagi Penderita Diabetes

Menyantap nasi beras merah membantu menenangkan pikiran. Mineral seng yang berlimpah dalam beras ini berkhasiat memperbaiki suasana hati (mood) dan mencegah depresi. Dalam hasil penelitian terhadap para wanita pengidap stress dan depresi, disebutkan darah mereka umumnya kurang mengandung seng. Selain itu, mereka juga kehilangan nafsu makan, nampak pucat, dan kurang bergairah.

Beras merah mampu menurunkan risiko sindrom metabolik, yakni masalah kesehatan yang disebabkan oleh gangguan pada organ-organ metabolisme. Diantaranya mengurangi resistensi hormon insulin, sehingga memperkecil kemungkinan membanjirnya gula darah. Hal ini karena beras merah memiliki nilai indeks gikemik rendah, yakni tidak mudah menaikan kadar gula darah. Itulah mengapa nasi beras merah baik bagi pengidap kencing manis (diabetes melitus) menggantikan beras putih.

About Author: admin

Gravatar Image
Menulis semua yang bermanfaat tentang wanita dan keluarga. Menjadi wanita Sejati tanpa harus berada didepan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *