Waspada Mungkin Saat Ini Anda Terjangkit Herpes

by
Mungkin Saat Ini Anda Terjangkit Herpes

Apakah Anda merasa takut dan malu kalau hidup dengan mengidap herpes? tidak perlu takut karena menurut data yang ada, hampir semua orang sekarang punya herpes. Sebuah analisis tentang herpes yang biasa dilakukan oleh World Health Organization (WHO) mengindikasikan bahwa dua dari tiga dari populasi global di bawah umur 50 tahun memiliki virus herpes simplex tipe 1 (HSV-1 atau “oral” herpes). Ditambah lagi, WHO juga memperkirakan sekitar 417 juta orang yang berumur di antara 15-49 tahun memiliki virus herpes simplex tipe 2 (HSV-2), yang menyebabkan rasa sakit.

WHO pun bukan satu-satunya yang melaporkan hal itu. Vice News mencatat bahwa hampir 90% orang yang memiliki HSV-2 mengaku “tidak mengetahui hal itu karena dokter jarang memberitahukannya” berdasarkan data Centers for Disease Control. Itu artinya Anda mungkin memiliki herpes atau sudah melakukan kontak dengan orang yang mengidapnya dan masing-masing kalian tidak mengetahuinya.

Jangan panik. Bahkan jika Anda memiliki herpes, hidup Anda masih bisa berjalan dengan normal. National Institutes for Health mencatat bahwa orang-orang yang memiliki herpes genital tidak akan menular, tapi ironisnya hal itu malah akan berkontribusi dengan penyebaran penyakit. Satu-satunya cara untuk herpes genital mengancam jiwa adalah jika Anda berhubungan seks dengan seseorang yang mengidap HIV.

Masalah sebenarnya dari herpes adalah pikiran negatif karena orang yang memiliki herpes sering mengalami malu, terisolasi, dan cemas. “Pandangan tetang penyakit ini biasanya didapat dari prilaku seks yang buruk dan topik lelucon yang populer,” tulis Jon Fortenbury pada The Atlantic tahun 2014. “Semua ketidakamanan, kekecewaan, penolakan, tangis, amarah, kecenderungan bunuh diri, penghinaan, rasa malu, dan pengisolasian disebabkan oleh pikiran negatif dari kondisi kulit yang tidak muncul dari hubungan seks yang dilakukan dengan aman setahun sekali.

Fortenbury benar. Herpes tidak lebih berbahaya dari penyakit kelamin lainnya, jadi seharusnya jangan ada pikiran buruk dengan hal itu. Ini bukan sebuah penyimpangan, indikasi kegagalan moral, tapi seperti yang sudah dijelaskan oleh WHO, semua itu lumrah. Jadi jangan panik. Kalau ada yang meledek Anda karena memiliki herpes, bilang aja kalau dia mungkin saja juga mengidapnya—hanya saja dia belum tahu.

About Author: admin

Gravatar Image
Menulis semua yang bermanfaat tentang wanita dan keluarga. Menjadi wanita Sejati tanpa harus berada didepan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *