Waspada Dengan Modus Kejahatan di Jalan Raya

by
modus kejahatan di jalan
via beritahati.com

Kejahatan memang bisa terjadi dimana saja, terutama di jalan raya dengan berbagai modus. Sebagai pengendara mobil apalagi yang sering bepergian ke luar kota mesti harus selalu waspada dengan berbagai modus tipu daya penjahat yang semakin hari terus berbeda. Ada beberapa modus yang telah di rangkum dalam artikel ini, mari kita simak apa saja modus kejahatan di jalan yang sering terjadi untuk meningkatkan kewaspadaan kita semua.

Tebar Paku

Modus tebar paku ini tergolong sudah sangat lama, Ban yang terkena paku akan kempis, pelaku kejahatan biasanya memanfaatkan ketika anda memeriksa ban. Tipsnya gunakan Ban Tubeless, ban ini tidak akan cepat kempis. Usahakan ketika anda memeriksa ban di tempat yang ramai, periksa juga pintu agar tetap terkunci.

Lempar Telur ke Kaca Mobil

Modus yang dilakukan pelaku kejahatan di jalan raya dengan melempar telut pada bagian kaca depan mobil sangat berbahaya, untuk antisipasinya biarkan saja, jangan menyemprot air dan menyeka dengan wiper, telur yang bercampur dengan air akan berubah menjadi putih pekat. ini sangat berbahaya dengan jarak pandang barulah di bersihkan ketika berada di tenpat yang dianggap aman dan ramai.

Modus Menabrakkan Kendaraan

Pelaku biasanya akan menabrakan kendaraannya ke mobil anda, berhati-hatilah ketika anda turun untuk mengecek kerusakan yang timbul justru di sinilah fokus anda akan buyar dan hanya konsentrasi kepada kerusakan mobil. Usahakan ketika anda turun dari mobil pintu di kunci kembali.

Memberikan Kode Seolah ada sesuatu pada Mobil

Tindak kejahatan dengan modus seolah memberi isyarat ada sesuatu yang tidak beres dengan mobil yang anda kendarai, apapun yang terjadi tetap fokus, sebagai pengendara pasti akan terasa aneh jika kondisi mobil ada yang tidak beres, kalaupun terpaksa untuk berhenti parkirlah di tempat aman sekiramya tempat ramai.

Kesimpulan Antisipasi Modus Kejahatan Jalanan

Dari sekian banyak modus kejahatan di jalan yang di lakukan penjahat, mereka kebanyakan memanfaatkan kelengahan korbannya, pengendara harus aware, misalnya terhadap kondisi jalan yang akan dilalui. jika pertama kali akan melalui rute tersebut biasakan memncari informasi yang akurat, bisa ke kerabat atau rekan yangpernah melalui rute tersebut atau ke pihak terkait bisa lewat sosial media.

Pemilihan waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan, misalnya hindari berkendara di tengah malam yang sepi, jika memang mengharuskan cari lah teman untuk menemani perjalanan. Terlebih jika Anda seorang Wanita, ada baiknya ajak pria sebagai pendamping Anda dikendaraan. Sikap positif dalam berkendara juga sangat berpengaruh untuk menghindari tindak kejahatan di jalan raya, misalnya bersikap tidak mencolok atau jika perlu memasang kaca film, hindari kawasan yang memang dianggap rawan tindak  kejahatan. Semua kembali kepada pribadi Masing-masing biasakan berdoa sebelum berkendara dan selalu patuhi rambu lalu lintas demi kebaikan bersama.

About Author: admin

Gravatar Image
Menulis semua yang bermanfaat tentang wanita dan keluarga. Menjadi wanita Sejati tanpa harus berada didepan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *