Cara Terbaik Memotret Kembang Api Di Langit Malam Yang Tinggi

by
kembang api
via google

Salah satu hal yang sering kita saksikan sekaligus nikmati saat perayaan malam tahun baru adalah pecahan kembang api, kembang api yang mengisi langit malam nan tinggi. Sayang rasanya jika dilewatkan begitu saja tanpa diabadikan.

Anda tidak perlu melengkapi persenjataan fotografi Anda dengan peralatan yang teramat cannggih jika ingin mengambil momen berharga tersebut. Semua yang Anda butuhkan adalah lensa zoom 35-120mm yang bergantung pada berapa jauh kembang api tersebut akan meledak. Oleh karena itu, Anda pun akan membutuhkan tripod yang kokoh, kabel pengendali, dan sepotong matt board berukuran 4×5 inci serta pengaturan ISO lambat pada kisaran 64 atau kurang.

Sebelum acara kembang api dimulai, pilihlah lokasi yang terbaik kemudian atur kamera Anda dengan menggunakan tripod, pasangkan kabel pemotret dan fokuskan lensa kamera Anda pada area ledakan kembang api hingga area titik terjauh lidah kembang api tersebut bisa sampai. Long exposure juga merupakan norma yang sesuai untuk menampilkan kembang api. Triknya, exposure bisa dihasilkan dengan dua cara: dengan mengatur kecepatan hingga “bulb” atau dengan menggunakan multiple exposures jika kamera Anda memilikinya. Untuk pengaturan ini biasanya mengambil waktu dari 3 hingga 5 detik. Pasang aperture pada kisaran f8, kemudian atur berapa banyak hitungan exposure yang dibutuhkan.

Di lain pihak, penetapan exposure dengan menggunakan pengaturan “bulb”memerlukan kabel pemotret jarak jauh. Untuk melakukannya Anda juga harus memiliki sebuah papan tulis hitam berukuran 4 x 5 inci. Letakkan papan tersebut di depan lensa dan ketika kembang api dimulai, trip the shutter! Papan tersebut akan sangat fungsional untuk memblokade cahaya hingga Anda ingin mengeksploitasi buncahan kembang api bersangkutan. Seberapa sering Anda melakukannya bergantung pada seberapa tembakan kembang api yang ingin Adna abadikan. Biasanya 3-6 buncahan akan memakan waktu 4-8 detik.

Hal penting yang harus Anda ingat, semakin terang buncahannya maka semakin sedikit jumlah yang bisa Anda tampilkan dalam satu frame. Cobalah tips ini saat Anda akan mengabadikan gambar kembang api. Anda pun bisa menjadi lebih kreatif dengan memilih aperture dari f8 hingga f16 guna melihat mana warna kembang api yang didapatkan. Trik lainnya Anda bisa menggunakan lensa zoom untuk mengambil 2 atau 3 multiple exposure pada jangkauan yang luas. Cara ini bisa memberi Anda ledakan yang terlihat jauh lebih dekat, sedangkan ledakan lainnya terlihat lebih jauh di latar belakangnya.

About Author: admin

Gravatar Image
Menulis semua yang bermanfaat tentang wanita dan keluarga. Menjadi wanita Sejati tanpa harus berada didepan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *