Ciri Atau Tanda Jika Bayi Buta Warna

by
ciri-ciri Bayi Buta Warna
ciri-ciri Bayi Buta Warna

Buta warna adalah sebuah gangguan kemampuan penglihatan untuk membedakan warna-warna yang ada. Menurut para ahli, kasus buta warna tidak hanya terjadi pada orang dewasa melainkan juga diketemukan pada anak-anak. Bagaimana mengenali kasus bayi buta warna? Ciri Bayi Buta Warna baru bisa terdeteksi setelah bayi berusia kurang lebih 18 bulan. Pada usia ini, bayi normal telah mampu membedakan 1 macam warna saja.

Jadi, apa gejala atau Ciri Bayi Buta Warna? Pada usia 18 bulan, seharusnya si kecil telah mampu membedakan setidaknya 1 warna. Kemampuannya membedakan warna-warna akan terus berkembang saat berusia 36 bulan. Jika pada rentang usia 18 bulan hingga 39 bulan si kecil Anda tidak responsif terhadap benda-benda berwarna, terlebih benda berwarna cerah seperti merah, biru dan kuning, maka kemungkinan besar bayi Anda menderita buta warna.

Pada bayi buta warna, si kecil akan kesulitan membedakan beberapa warna yang mirip. Pada anak bayi normal, mereka akan memiliki ketertarikan khusus pada warna-warna cerah. Hal yang berbeda ditunjukkan oleh anak bayi yang menderita buta warna. Anda dapat mencoba mengetes anak bayi dengan memberikan beberapa mainan berwarna cerah dan mencolok. Setelah beberapa kali, si kecil akan menunjukkan ketertarikan pada bentuk tertentu atau, jika matanya normal, si kecil akan tertarik pada warna tertentu.

Setelah beberapa kali, Anda dapat menukar mainan si kecil tersebut dengan bentuk yang sama, tetapi warna yang berbeda, warna gelap misalnya. Ada kemungkinan si anak bayi tidak akan tertarik dengan mainan tersebut karena warnanya berbeda. Jika anak bayi itu tidak tertarik, tunjukkan mainan pertama (berwarna cerah). Jika dia kembali tertarik, Anda boleh merasa lega karena mata si kecil normal. Pada kasus bayi buta warna, dia tidak akan bereaksi pada perubahan warna tersebut.

Demikianlah tadi ulasan kita pada kesempatan kali ini mengenai Ciri Bayi Buta Warna. Untuk mengetahui lebih jauh tentang kesehatan bayi, terutama pada matanya, Anda bisa mencoba tes yang lebih detail. Berikan mainan dengan model sama, dengan warna yang sama-sama mencolok. Setelah itu, ganti mainan-mainan tersebut dengan mainan dengan model sama dengan warna yang mirip satu-sama lain. Ada kemungkinan, untuk kasus kesehatan bayi khusus seperti buta mata parsial, anak Anda tidak mampu membedakannya.

About Author: admin

Gravatar Image
Menulis semua yang bermanfaat tentang wanita dan keluarga. Menjadi wanita Sejati tanpa harus berada didepan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *